Belfast, Info Breaking News – Sebuah pesawat Boeing 737 milik maskapai penerbangan Kanada, Sunwing yang mengangkut 185 penumpang dari Bandara internasional Belfast, Irlandia Utara nyaris celaka akibat kelalaian sang pilot yang salah memasukkan data suhu udara ke komputer di kabin pesawat.
Sistem pilot pun secara otomatis melakukan kalkulasi kecepatan yang diperlukan untuk lepas landas dalam suhu udara -52 derajat Celcius padahal saat itu suhu yang benar adalah 16 derajat Celcius. Akibatnya, pesawat ini baru bisa lepas landas setelah nyaris mencapai ujung landasan pacu setelah sebelumnya hanya mampu terbang rendah sejauh 4 kilometer.
Berdasarkan pengakuan tim penyidik, pesawat tersebut bisa selamat karena didukung dengan kondisi landasan pacu yang bersih serta situasi sekitar bandara yang bebas dari halangan. Jika saja mesin mengalami masalah saat pesawat tengah kesulitan menambah ketinggian, bencana mungkin saja terjadi.
Peristiwa menegangkan tersebut sejatinya terjadi pada 21 Juli 2017 silam dalam penerbangan Sunwing dari Belfast menuju Corfu. Namun, Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris baru mengumukan hasil investigasinya, Rabu (21/11/2018) kemarin.
Hasil investigasi mengungkapkan kru pesawat milik maskapai asal Kanada itu tak bisa menjelaskan alasan mereka salah memasukkan data suhu udara. Namun, berdasarkan hasil penyelidikan, diketahui bahwa salah satu pilot pesawat tersebut kemungkinan mengalami jet lag.
Kru Sunwing tidak melaporkan sendiri insiden tersebut. Mereka baru menyadari sesuatu tengah terjadi dengan akselerasi ketika pesawat terus mendekati ujung landasan pacu. Setelah memaksimalkan daya dorong mesin, pesawat itu bisa mengudara dan melanjutkan penerbangan ke Yunani dengan selamat.
Staf bandara yang menyaksikan bagaimana pesawat itu terbang amat rendah langsung melakukan pemeriksaan dan akhirnya menemukan lampu landasan pacu yang pecah dengan bekas roda Boeing 737 di atasnya.
Akibat kejadian tersebut, Badan Investigasi Kecelakaan Udara merekomendasikan agar semua Boeing 737 melakukan upgrade perangkat lunak untuk memastikan data suhu udara yang dimasukkan ke komputer sesuai dengan hasil sensor temperatur pesawat.
Tak hanya itu, Badan investigasi juga mewajibkan pemberlakuan sistem keamanan untuk memperingatkan pilot terkait akselerasi rendah sebelum lepas landas dan ketinggian jelajah usai lepas landas. ***Armen